APLIKASI PENGOLAHAN DATA PESERTA KELUARGA BERENCANA (KB) - MENGGUNAKAN JAVA NETBEANS - Sekolah Koding

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, July 9, 2018

APLIKASI PENGOLAHAN DATA PESERTA KELUARGA BERENCANA (KB) - MENGGUNAKAN JAVA NETBEANS


Salah satu bagian dari perkembangan teknologi yaitu dengan perkembangan komputer, dimana sarana aplikasi tersebut dapat mencakup seluruh data yang ada dan mampu menyediakan data tersebut dapat mencakup seluruh data yang ada dan mampu menyediakan data tersebut ketika dibutuhkan. Selama ini pengolahan data yang dilakukan masih secara manual dengan asumsi biaya, efisiensi dan efektifitas kerja. Sebuah sistem aplikasi yang dapat menunjang efektifitas dan efisiensi kerja adalah salah satu aplikasi yang berbasis teknologi, dimana telah kita ketahui bersama bahwa kelebihan komputer dibanding dengan tenaga manusia sangat banyak perbedaan antara lain kecepatan, ketepatan, serta kemampuan kerja secara terus menerus tanpa adanya rasa kelelahan.
Untuk mencapai sasaran tersebut yang perlu diperhatikan dan memerlukan pengolahan data yang akurat dalam peningkatan kinerja karena dengan pengolahan data tersebut dapat mengontrol segala kegiatan yang dilakukan dengan baik tanpa menghadapi kendala yang berarti.
Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu program pemerintah dalam menekan laju angka pertumbuhan penduduk di Indonesia. Keluarga Berencana (KB) diperkenalkan kepada masyarakat luas sekitar Tahun 1980-an, dalam perkembangannya jumlah peserta Keluarga Berencana (KB) sudah meningkat, sesuai dengan program pemerintah untuk membatasi jumlah anak dalam satu keluarga .
Puskesmas Poasia mencatat perkembangan pemakaian Alat Kontrasepsi pada masyarakat tiap tahunnya semakin meningkat, selain untuk mengurangi dan membatasi jumlah anak dalam keluarga juga menghemat ekonomi khususnya bagi keluarga yang kurang mampu dan masyarakat luas pada umumnya. Untuk merealisasikannya dan mensukseskan program KB, maka pemerintah sendiri harus mengadakan sosialisasi, penyuluhan dan  memperkenalkan KB kepada masyarakat luas.
 Proses pengolahan data pendaftaran peserta KB pada Puskesmas Poasia masih menggunakan sitem pencatatan dengan mencatat data akseptor yang mendaftar pada buku pendaftaran, sehingga proses dalam pencarian data memerlukan waktu yang lama.
Berdasarkan uraian diatas, maka dicoba untuk dikembangkan dan dirancang sebuah sistem pengolahan data yang berbasis komputerisasi serta diambil judul “APLIKASI   PENGOLAHAN DATA PESERTA KELUARGA BERENCANA (KB) PADA PUSKESMAS POASIA”.

1.      Desain Form Menu Utama


2. Desain Form Input Data Peserta

3. Desain Form Menu Input Data Jenis KB


4.Desain Form Transaksi

5.  Desain Form Cetak Laporan

6.Desain Laporan 











Sekian dan terima kasih apa bila rekan menginginkan program untuk skripsi bisa whatsaap saya di 085316547777 atau inbox via facebook


Post Top Ad

Responsive Ads Here