Source Code Aplikasi Sistem Informasi Invertaris Barang Di Sekolah Menggunakan Java Netbeans - Sekolah Koding

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday, July 1, 2018

Source Code Aplikasi Sistem Informasi Invertaris Barang Di Sekolah Menggunakan Java Netbeans

Salah satu hal yang sangat senang kami perbuat ialah saling berbagi. Dari kesenangan itulah maka hadirlah artikel yang anda baca sekarang ini. Di kesempatan ini saya akan berbagi satu referensi source code program berbasis website yang mungkin saja akan berguna untuk kamu, terutama bagi proses belajar membikin program menggunakan java. Yaitu aplikasi inventaris barang berbasis Desktop yang dibuat menggunakan Java dengan Tools Netbeans. Aplikasi ini silahkan sobat gunakan, dan jika bisa silahkan diperbaiki lagi menjadi lebih bagus, baik dari segi fitur maupun tampilan.

Aplikasi ini masih sederhana dari segi fitur, namun dapat berjalan dengan baik dan mempunyai tampilan yang cukup menarik dan responsive. Program ini dikembangkan oleh seorang developer bernama Muh Arifandi, yang juga telah dishare di blog ini .

Dibawah ini merupakan perancangan interface untuk sistem informasi inventaris barang pada SMA Negeri 5 Konawe Selatan.


1. Desain Form Login


Form login adalah area atau halaman dimana pada halaman login form ini biasanya user ataupun admin akan mengisi username dan password. Dalam form login terdapat dua tombol yaitu tombol masuk untuk masuk (login)  ke menu utama program dan tombol keluar digunakan untuk keluar dari jendela login

2. Desain Form Menu Utama 
Menu utama atau main menu dalam aplikasi mempunyai peranan layaknya terminal atau pintu utama untuk mengakses form-form dalam suatu aplikasi. Menu utama  sistem informasi inventaris barang terdiri dari tiga sub menu, yaitu sub menu data barang untuk menampilkan jendela data barang, sub menu nota pembelian untuk menampilkan jendela dat pembelian barang, dan sub menu keluar untuk keluar dari tampilan menu utama.

3. Desain Form Data Barang
            Form ini berfungsi untuk memasukkan (input) semua data barang yang akan di inventarisasikan. Dalam form data barang terdapat lima tombol, yaitu tombol cetak data barang untuk menampilkan laporan hasil inputan data barang, tombol simpan untuk menyimpan hasil inputan data barang, tombol hapus untuk menghapus hasil inputan data, tombol edit untuk mengubah data barang, tombol keluar untuk keluar dari tampilan form data barang.


4. Desain Form Cetak Data Barang

Form cetak data barang mempunyai tiga kriteria. Pertama, cetak seluruh barang yang berguna untuk mencetak keseluruhan barang yang ada. kedua, cetak kondisi barang terdapat dua pilihan yang bisa di proses sesuai keinginan. Ketiga, cetak kepemilikan barang. Dalam form tersebut terdapat dua tombol fungsi,  preview untuk memproses hasil serta tombol tutup untuk keluar dari program

5.Desain Form Daftar Barang Inventaris

Form ini berfungsi untuk menampilkan data barang secara keseluruhan yang terdiri dari empat tombol fungsi tombol simpan untuk menyimpan hasil inputan data barang, tombol hapus untuk menghapus hasil inputan data, tombol edit untuk mengubah data barang, tombol keluar untuk keluar dari tampilan form data barang.

6.Desain Form Barang Hilang
Form ini berfungsi untuk menampilkan barang apa saja yang hilang yang terdiri dari empat tombol fungsi tombol simpan untuk menyimpan hasil inputan data barang, tombol hapus untuk menghapus hasil inputan data, tombol edit untuk mengubah data barang, tombol keluar untuk keluar dari tampilan form data barang.


 7.Desain Form Data Pembelian Barang
            Data Pembelian barang merupakan lembaran yang berisi rincian pembelian barang. Dalam form nota pembelian barang terdapat lima tombol yang fungsinya hampir sama pada tombol form data barang yaitu, terdapat tombol cetak untuk mencetak laporan hasil pembelian barang, tombol simpan untuk menyimpan hasil inputan pembelian barang, tombol hapus untuk menghapus data, tombol edit untuk mengubah data yang telah dimasukkan sebelumnya, tombol keluar digunakan untuk keluar dari tampilan form nota pembelian.     

 8. Desain Form Cetak Pembelian Barang
            Form ini berfungsi mencetak data pembelian barang berdasarkan tanggal pembelian. Dalam form cetak pembelian barang terdapat dua tombol fungsi, yaitu tombol cetak untuk melanjutkan proses pencetakan laporan dan tombol keluar untuk keluar dari tampilan form cetak pembelian.


9. Desain Laporan Cetak Seluruh Data Barang

10. Desain Laporan Cetak Barang Berdasarkan Kondisi
Kondisi Barang : (Baik/Rusak)

10. Desain Laporan Cetak Barang Berdasarkan Kondisi
Kondisi Barang : (Baik/Rusak)

11. Desain Laporan Cetak Barang Berdasarkan Kepemilikkan
Kepemilikkan Barang : (Milik Sendiri/ Sewa)

12. Desain Laporan Cetak Pembelian Barang Pertanggal
Tanggal : (….s/d….)


Demo Aplikasi 

Jika anda berminat mempelajari atau ingin mengembangkan aplikasiprogram
inventory barang menggunakan php ini, silahkan hubungi saya melalui link download di 









Post Top Ad

Responsive Ads Here